Mini Competition

Selain kompetisi desain grafis, Ultigraph 2021 juga mengadakan berbagai kompetisi kecil yang tidak kalah menantang lho! Yuk ikut mini-competition Kara Anagata dan menangin hadiah-hadiah menarik seperti voucher Go-Pay dan plakat eksklusif Ultigraph 2021!

Draw This In Your Style : Deerpa Edition

01 - 08 September 2021

Draw This In Your Style : Deerpa Edition

Deskripsi

Yuk kenalan dengan maskot Ultigraph 2021, Deerpa. Dengan ikut mini competition DTIYS, kamu ditantang untuk mengilustrasikan Deerpa dengan caramu sendiri!

Draw This In Your Style : Deerpa Edition merupakan salah satu dari rangkaian Pre-Event Ultigraph 2021. Pada mini-competition ini, anda ditantang untuk mengilustrasikan kembali maskot Ultigraph 2021, Deerpa sesuai dengan gaya dan kreasi anda.

Berikut adalah syarat dan ketentuan bagi mini-competition DTIYS : Deerpa Edition : https://drive.google.com/drive/folders/1drSUrT_dhuEJtIMaUzN-xMizJr6HQRWh?usp=sharing

01 - 08 September 2021

Face Mask Design

01 - 08 September 2021

Face Mask Design

Deskripsi

Menggunakan masker sudah menjadi bagian hidup sehari-hari kita sebagai protokol kesehatan melawan COVID-19. Meskipun demikian, bukan berarti memakai face mask tidak bisa stylish, lho! Ayo, tunjukkan desain masker yang kamu banget!

Face Mask Design merupakan salah satu dari rangkaian Pre-Event Ultigraph 2021. Pada mini-competition ini, anda ditantang untuk mendesain masker wajah (masker kain) sesuai kreasi anda.

Berikut adalah syarat dan ketentuan bagi mini-competition Face Mask Design : https://drive.google.com/drive/folders/1C4eGnK0WpP0ctn-4Pefq1Lclkccvdh7E?usp=sharing

01 - 08 September 2021

Kara Anagata’s Social Challenge

08 - 15 September 2021

Kara Anagata’s Social Challenge

Deskripsi

Ultigraph 2021 berusaha menggalakkan sustainable design yang baik bagi lingkungan, ekonomi, dan sosial. Selain dengan desain, kita juga bisa berpartisipasi dalam meningkatkan kualitas hidup bersama dengan aksi-aksi kecil. Yuk, kita tumbuhkan kepedulian terhadap sesama mulai dari sekarang!

Kara Anagata’s Social Challenge merupakan salah satu dari rangkaian Pre-Event Ultigraph 2021. Pada mini-competition ini, anda diajak untuk melakukan aksi sosial bagi sesama yang membutuhkan dan mengabadikannya dalam bentuk foto.

Berikut adalah syarat dan ketentuan bagi mini-competition Kara Anagata’s Social Challenge : https://drive.google.com/drive/folders/1WssiQfs5XyO6da--u_jDMOJ6MpCYpYaz?usp=sharing

08 - 15 September 2021

Draw My Life : Facing Pandemic

08 - 15 September 2021

Draw My Life : Facing Pandemic

Deskripsi

Sudah lebih dari setahun sejak pandemi COVID-19 menyerang dunia. Akibatnya, kehidupan kita sehari-hari pun berubah sesuai protokol kesehatan. Bagaimana denganmu? Mari bagikan ceritamu lewat tantangan Draw My Life dengan tema Facing Pandemic!

Draw My Life : Facing Pandemic merupakan salah satu dari rangkaian Pre-Event Ultigraph 2021. Pada mini-competition ini, anda ditantang untuk menceritakan perubahan kehidupan anda semasa pandemi dalam bentuk ilustrasi yang direkam.

Berikut adalah syarat dan ketentuan bagi mini-competition Draw My Life : Facing Pandemic : https://drive.google.com/drive/folders/11B3O_6vn36DXg837MR4MQMJQ-z3vwsSQ?usp=sharing

08 - 15 September 2021

Competition

Tahun ini kompetisi ingin mengajak kalian untuk ikut serta menuangkan kreativitas dalam berbagai media (seperti Poster, Aplikasi, dll ) dengan itu kita dapat bersama sama memberikan solusi terkait isu-isu sosial kepada masyarakat.

Photography Competition

01 - 30 September 2021

Photography Competition

Deskripsi

Isu sosial adalah permasalahan yang perlu diperhatikan dan menjadi hal krusial bagi semua orang. Tetapi permasalahan ini sering dipandang sebelah mata oleh masyarakat, seolah masyarakat tidak memperdulikannya. Bantu masyarakat kita untuk memahaminya dengan menumbuhkan rasa kepedulian akan isu permasalahan sosial. Kami mengajak para peserta untuk mengabadikan foto human interest yang bertemakan ‘Look at usual things with different points of view’.

Peraturan
  • Kompetisi terbuka secara internasional bagi siapa saja yang berminat.
  • Kompetisi bersifat individu.
  • Kompetisi bertemakan ‘Look at the Usual Things with Different Points of View’, dengan objek foto berupa ‘Human Interest’.
  • Ukuran karya sebesar A2 (42 x 59.4 cm)
  • Peserta diperbolehkan mengumpulkan maksimal tiga (3) foto dalam satu submisi.
  • Karya yang diikutsertakan diperbolehkan menggunakan karya lama atau yang sudah ada, dengan catatan karya tersebut belum pernah memenangkan kontes apapun.
  • Peserta wajib menghasilkan karya secara digital.
  • Peserta wajib mencantumkan logo Ultigraph dan Kara Anagata yang sudah diberikan pada tautan berikut ini. (https://bit.ly/logo-Ultigraph2021)
  • Peserta tidak diperbolehkan menggunakan atau memplagiasi karya milik orang lain.
  • Karya tidak diperbolehkan mengandung SARA.
  • Hak cipta atas setiap karya berada di tangan peserta
  • Ukuran karya maksimal 50 MB, dengan format karya JPEG (Tidak di-ZIP / RAR)
  • Peserta wajib membuat esai berbahasa Inggris dengan format PDF untuk setiap karya, berisi konsep dan penjelasan dengan maksimal 500 kata.
  • Peserta wajib mengunggah karya dan esai ke dalam G-drive masing-masing (Ubah akses untuk umum) lalu masukkan link ke dalam G-form yang telah disediakan sesuai kompetisi.
Format Pengumpulan
  • JPEG
  • Esai: PDF
  • Penamaan: [Nama_JudulKarya] (Contoh: Arya_LookAtUsualThingsWithDifferentPointsOfView)
Informasi Lebih Lanjut
01 - 30 September 2021

Poster Design Competition

01 - 30 September 2021

Poster Design Competition

Deskripsi

Masih banyak isu sosial yang perlu mendapatkan perhatian namun kepedulian kita terhadap masalah sosial yang ada masih sangat minim. Hal yang perlu diketahui adalah kita dapat membuat sebuah gerakan kecil yang bisa merubah pandangan masyarakat dengan menyumbangkan kreativitas kita. Ekspresikan bentuk kepedulian kamu terhadap masalah sosial melalui poster kreatif bertemakan “Look at the Usual Things with Different Points of View”.

Peraturan
  • Kompetisi terbuka secara internasional bagi siapa saja yang berminat.
  • Kompetisi bersifat individu.
  • Kompetisi bertemakan ‘Look at the Usual Things with Different Points of View’, dengan objek foto berupa ‘Human Interest’.
  • Rasio foto 2:3 dengan portrait atau landscape.
  • Peserta diperbolehkan mengumpulkan maksimal tiga (3) foto dalam satu submisi.
  • Foto yang diikutsertakan diperbolehkan menggunakan foto lama atau foto yang sudah ada, dengan catatan foto tersebut belum pernah memenangkan kontes foto apapun.
  • Peserta diperbolehkan melakukan penyesuaian digital yang terdiri dari: mengubah tone, brightness, contrast, and cropping.
  • Peserta tidak diperbolehkan melakukan manipulasi foto, seperti menghapus objek yang mengganggu dan menambahkan objek.
  • Peserta tidak diperbolehkan menggunakan kamera ponsel.
  • Foto tidak diperbolehkan menggunakan watermarks.
  • Foto tidak diperbolehkan mengandung SARA.
  • Peserta tidak diperbolehkan menggunakan atau memplagiasi foto milik orang lain.
  • Hak cipta atas setiap foto berada di tangan peserta.
  • Ukuran foto maksimal 50 MB, dengan format foto JPEG (Tidak di-ZIP / RAR).
  • Peserta wajib membuat esai untuk setiap foto, berisi judul foto, penjelasan konsep, penjelasan, dan data EXIF (jenis kamera, aperture, shutter speed, ISO, dan jenis lensa) dengan maksimal 500 kata.
  • Peserta wajib mengunggah karya dan esai ke dalam G-drive masing-masing (Ubah akses untuk umum) lalu masukkan link ke dalam G-form yang telah disediakan sesuai kompetisi.
Format Pengumpulan
  • Karya: JPEG
  • Esai: PDF
  • Penamaan: [Nama_JudulKarya] (Contoh: Arya_LookAtUsualThingsWithDifferentPointsOfView)
Informasi Lebih Lanjut
01 - 30 September 2021

Innovate Packaging Competition

01 - 30 September 2021

Innovate Packaging Competition

Deskripsi

Kemasan berfungsi sebagai pembungkus suatu produk serta pengidentifikasi antar setiap merek. Produk bisa jadi kurang diminati jika kemasan terlihat biasa saja. Namun kita tidak boleh melupakan fakta bahwa bumi sudah penuh dengan permasalahan sampah terutama sampah plastik. Maka dari itu, kami mengajak kalian untuk membuat kemasan yang terlihat biasa menjadi lebih kreatif dan inovatif namun masih ramah lingkungan dan tidak sekali pakai.

Peraturan
  • Kompetisi terbuka secara internasional bagi siapa saja yang berminat.
  • Kompetisi bersifat individu atau kelompok dengan maksimal jumlah anggota 3 orang.
  • Peserta diperbolehkan mengumpulkan maksimal tiga (3) karya dalam satu submisi.
  • Karya yang diikutsertakan diperbolehkan menggunakan karya lama atau yang sudah ada, dengan catatan karya tersebut belum pernah memenangkan kontes apapun.
  • Karya yang diikutsertakan berbentuk foto mock-up dari tiga sisi berbeda. (Boleh dalam tampilan 3D / 2D)
  • Peserta tidak diperbolehkan menggunakan atau memplagiasi karya milik orang lain.
  • Karya tidak diperbolehkan mengandung SARA.
  • Peserta tidak diperbolehkan memakai / membentuk produk berlabel 21+
  • Hak cipta atas setiap karya berada di tangan peserta.
  • Ukuran karya maksimal 50 MB, dengan format karya JPEG (Tidak di-ZIP / RAR)
  • Peserta wajib membuat presentation deck berformat PDF untuk setiap karya. Presentation deck berisi judul, brainstorm & riset (termasuk permasalahan dan solusi), ide & konsep, moodboard, colour palette, tipografi, sketsa kasar, wireframe, desain akhir, dan hasil mock-up
  • Peserta wajib mengunggah karya dan presentation deck ke dalam G-drive masing-masing (Ubah akses untuk umum) lalu masukkan link ke dalam G-form yang telah disediakan sesuai kompetisi.
Format Pengumpulan
  • Karya: JPEG
  • Presentation Deck: PDF
  • Penamaan: [Nama_JudulKarya] (Contoh: Arya_LookAtUsualThingsWithDifferentPointsOfView)
Informasi Lebih Lanjut
01 - 30 September 2021

Apps Design Competition

01 - 30 September 2021

Apps Design Competition

Deskripsi

Saat ini, aplikasi merupakan hal yang sangat familiar dan banyak digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Pada era modern seperti saat ini kita juga sering menggunakan aplikasi sebagai sarana hiburan kita, terlebih di tengah pandemi yang membuat kita lebih sering menghabiskan waktu di rumah. Maka dari itu, kami mengajak kalian untuk membuat aplikasi inovatif yang dapat berguna untuk kegiatan sehari-hari. Kamu dapat merealisasikan ide dan karya menjadi sebuah aplikasi inovatif versi kalian sendiri.

Peraturan
  • Kompetisi terbuka secara internasional bagi siapa saja yang berminat.
  • Kompetisi bersifat individu atau kelompok dengan maksimal jumlah anggota 3 orang.
  • Karya yang diikutsertakan berbentuk prototype (Peserta dapat menggunakan Figma / Marvel)
  • Peserta diperbolehkan mengumpulkan maksimal tiga (3) karya dalam satu submisi.
  • Karya yang diikutsertakan diperbolehkan menggunakan karya lama atau yang sudah ada, dengan catatan karya tersebut belum pernah memenangkan kontes apapun.
  • Karya tidak diperbolehkan mengandung SARA.
  • Peserta tidak diperbolehkan menggunakan atau memplagiasi karya milik orang lain.
  • Hak cipta atas setiap karya berada di tangan peserta.
  • Ukuran karya maksimal 50 MB, dengan format karya JPEG (Tidak di-ZIP / RAR)
  • Peserta wajib membuat presentation deck berformat PDF untuk setiap karya . Presentation deck berisi judul, brainstorm & riset (termasuk permasalahan dan solusi), ide & konsep, moodboard, colour palette, tipografi, sketsa kasar, wireframe, desain akhir, dan link prototype.
  • Peserta wajib mengunggah karya, link prototype aplikasi, dan presentation deck ke dalam G-drive masing-masing (Ubah akses untuk umum) lalu masukkan link ke dalam G-form yang telah disediakan sesuai kompetisi.
Format Pengumpulan
  • Karya: JPEG
  • Presentation Deck: PDF (termasuk link prototype Figma / Marvel)
  • Penamaan: [Nama_JudulKarya] (Contoh: Arya_LookAtUsualThingsWithDifferentPointsOfView)
Informasi Lebih Lanjut
01 - 30 September 2021

Commercial Video Competition

01 - 30 September 2021

Commercial Video Competition

Deskripsi

Iklan adalah salah satu cara untuk memberikan informasi persuasif secara audio visual dan dapat menarik perhatian masyarakat. Biasanya iklan sering kita temui dalam media sosial. Kami mengajak kalian untuk mengikuti kompetisi commercial video editing dengan cara membuat sebuah video iklan produk versi brand kalian sendiri atau brand yang sudah ada. Buatlah commercial video brand versi kalian semenarik mungkin dan nantinya akan di unggah ke salah satu platform sosial media.

Peraturan
  • Kompetisi terbuka secara internasional bagi siapa saja yang berminat.
  • Kompetisi bersifat individu atau kelompok dengan maksimal jumlah anggota 3 orang.
  • Video yang diikutsertakan di-upload ke media sosial Instagram (Feed / Reels / IGTV) atau Tiktok, dengan memberikan #Ultigraph2021 #UltigraphKaraAnagata #UltigraphCommercialVideoCompetition dan tag @ultigraph.
  • Rasio video 16:9 dengan orientasi portrait atau landscape.
  • Peserta diperbolehkan mengumpulkan maksimal tiga (3) video dalam satu submisi.
  • Video yang diikutsertakan diperbolehkan menggunakan video lama atau yang sudah ada, dengan catatan video tersebut belum pernah memenangkan kontes apapun.
  • Peserta diperbolehkan menggunakan produk asli maupun fiktif.
  • Peserta diperbolehkan menggunakan kamera maupun ponsel untuk pengambilan video.
  • Akun media sosial yang digunakan harus akun utama dan tidak diperbolehkan dikunci selama kompetisi berlangsung.
  • Video tidak diperbolehkan mengandung SARA.
  • Peserta tidak diperbolehkan menggunakan atau memplagiasi video milik orang lain.
  • Hak cipta atas setiap video berada di tangan peserta.
  • Ukuran video maksimal 50 MB, dengan format karya MP4 (Tidak di-ZIP / RAR)
  • Peserta wajib membuat esai berformat PDF untuk setiap video berisi konsep dan penjelasan dengan maksimal 500 kata.
  • Peserta wajib mengunggah video dan esai ke dalam G-drive masing-masing (Ubah akses untuk umum) lalu masukkan link ke dalam G-form yang telah disediakan sesuai kompetisi.
Format Pengumpulan
  • Karya: MP4
  • Esai: PDF
  • Penamaan: [Nama_JudulKarya] (Contoh: Arya_LookAtUsualThingsWithDifferentPointsOfView)
Informasi Lebih Lanjut
01 - 30 September 2021

Font Design Competition

01 - 30 September 2021

Font Design Competition

Deskripsi

Jenis huruf adalah hal yang krusial dalam sebuah desain. Dalam pembentukan jenis huruf, dibutuhkan prinsip-prinsip tipografi seperti anatomi huruf, jarak antar huruf, ukuran huruf, keterbacaan, dan kejelasan. Kami mengajak kalian semua untuk membuat jenis huruf bernuansa dekoratif sesuai dengan kreativitas kalian. Jenis huruf yang didesain mengandung alfabet A-Z, uppercase, dan lowercase. Peserta diminta untuk membuat display tipografi berupa kalimat kutipan “The quick brown fox jumps over the lazy dog”.

Peraturan
  • Kompetisi terbuka secara internasional bagi siapa saja yang berminat.
  • Kompetisi bersifat individu.
  • Peserta membuat huruf A-Z dalam lowercase dan uppercase.
  • Peserta membuat hasil showcase dalam sebuah kalimat “The quick brown fox jumps over the lazy dog”.
  • Peserta diperbolehkan mengumpulkan maksimal tiga (3) karya dalam satu submisi.
  • Karya yang diikutsertakan diperbolehkan menggunakan karya lama atau yang sudah ada, dengan catatan karya tersebut belum pernah memenangkan kontes apapun.
  • Karya tidak diperbolehkan mengandung SARA.
  • Peserta tidak diperbolehkan menggunakan atau memplagiasi karya milik orang lain.
  • Hak cipta atas setiap karya berada di tangan peserta.
  • Ukuran karya maksimal 50 MB, dengan format karya MP4 (Tidak di-ZIP / RAR)
  • Peserta wajib membuat esai berformat PDF untuk setiap karya berisi konsep dan penjelasan dengan maksimal 500 kata.
  • Peserta wajib mengunggah karya dan esai ke dalam G-drive masing-masing (Ubah akses untuk umum) lalu masukkan link ke dalam G-form yang telah disediakan sesuai kompetisi.
Format Pengumpulan
  • Karya: JPEG
  • Esai: PDF
  • Penamaan: [Nama_JudulKarya] (Contoh: Arya_LookAtUsualThingsWithDifferentPointsOfView)
Informasi Lebih Lanjut
01 - 30 September 2021

Logo Design Competition

01 - 30 September 2021

Logo Design Competition

Deskripsi

Pandemi menjadi waktu bagi banyak orang untuk memulai sebuah usaha. Dalam membentuk sebuah usaha, dibutuhkan sebuah identitas yang membedakan produk / jasa usaha kalian dengan produk / jasa lainnya. Logo merupakan hal yang terpenting karena menjadi identitas dari sebuah produk / jasa. Logo yang unik dan kreatif merupakan perwajahan dan representasi nilai sebuah identitas merek yang membedakan satu merek dengan yang lainnya. Rancanglah sebuah logo yang menarik dan merepresentasikan suatu produk atau jasa yang sudah ada maupun buatan kamu sendiri.

Peraturan
  • Kompetisi terbuka secara internasional bagi siapa saja yang berminat.
  • Kompetisi bersifat individu.
  • Peserta diperbolehkan mengumpulkan maksimal tiga (3) karya dalam setiap submisi.
  • Karya yang diikutsertakan diperbolehkan menggunakan karya lama atau yang sudah ada, dengan catatan karya tersebut belum pernah memenangkan kontes apapun.
  • Peserta diperbolehkan mendesain logo dalam bentuk wordmark, lettermark, pictorial mark, symbolic mark, atau emblem.
  • Peserta wajib mengimplementasikan logo ke dalam minimal 5 media (mock-up).
  • Karya tidak diperbolehkan mengandung SARA.
  • Peserta tidak diperbolehkan menggunakan atau memplagiasi karya milik orang lain.
  • Hak cipta atas setiap karya berada di tangan peserta.
  • Ukuran karya maksimal 50 MB, dengan format karya MP4 (Tidak di-ZIP / RAR)
  • Peserta wajib membuat presentation deck berformat PDF untuk setiap karya. Presentation deck berisi judul, brainstorm & riset, konsep & moodboard, colour palette, tipografi, sketsa kasar, dan desain akhir.
  • Peserta wajib mengunggah karya dan esai ke dalam G-drive masing-masing (Ubah akses untuk umum) lalu masukkan link ke dalam G-form yang telah disediakan sesuai kompetisi.
Format Pengumpulan
  • Karya: JPEG
  • Esai: PDF
  • Penamaan: [Nama_JudulKarya] (Contoh: Arya_LookAtUsualThingsWithDifferentPointsOfView)
Informasi Lebih Lanjut
01 - 30 September 2021